Selasa, 21 Mei 2013

underwater photography


halo selamat malam kamu yang lagi mantengin monitor buat berburu tutorial dan biografi ataupun lainnya. Yuks simak yuks blogku malam ini, tentang fotografi bawah air dari Kaufik Anril H. 

Salah satu Karya Underwater Photogaphy yang sangat sederhana (By Kaufik)

Underwater Photography atau dalam bahasa Indonesia kita sebut sebagai kegiatan Fotografi bawah air merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan pada saat Scuba Diving. Begitu banyak objek dibawah air yang dapat kita jadikan objek foto, dari keindahan terumbu karang, birunya air, ikan-ikan, mahluk-mahluk kecil (macro), atau manusia itu sendiri.

Untuk menjadi seorang fotografer bawah air yang baik, tentunya modal utamanya adalah menjadi seorang Scuba Diver yang baik, terutama dalam hal engalaman menyelam yang cukup. Tanpa kemampuan Scuba Diving yang baik tentunya kegiatan fotografi dibawah air akan menjadi kurang maksimal bahkan bisa berpotensi untuk membahayakan.

Ditengah perkembangan teknologi kamera digital yang semakin canggih, Saat ini peralatan Underwater Photography bisa kita beli dengan harga yang relatif lebih murah dibanding zaman dahulu. Tiap-tiap system pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang akan kita bahas pada halaman berikutnya.
Ada 2 aliran fotografi underwater secara umum, yaitu Macro Photographer dan Wide Angle photographer. Macro photographer adalah mereka para peminat objek – objek kecil dari jenis ikan, kuda laut, nudibranch (siput), udang, kepiting, dll. Sedangkan Wide angle photography lebih memfocuskan diri untuk mengambil gambar sudut lebar terutama pemandangan bawah air. Kedua aliran tersebut membutuhkan spesifikasi peralatan yang berbeda.


Contoh Macro Photography, seekor udang bersembunyi didalam botol (By Kaufik)

Contoh wide angle photography (By Kaufik)




Saat anda memulai kegiatan fotografi underwater, hal yang pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan, apakah akan mem-focuskan diri pada Macro Photography atau Wide Angle Photography. Mengapa ? Karena ini akan menentukan barang-barang apa yang perlu anda invest agar investasi anda optimal / tidak boros.

Jika kamu sudah mengerti prinsip fotografi dasar tentunya hal tersebut merupakan sebuah keuntungan buat kamu, jika kamu masih belum mempunyai / mengenal fotografi, perlu pemahaman untuk memahaminya terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar