Jumat, 17 Mei 2013

teknik memotret makro

hai, kamu suka sama objek kecil? mau tau nggak caranya memotret makro? simak ya :)

Fotografi makro merupakan salah satu cabang fotografi. Foto pada cabang ini merupakan foto-foto sesuatu yang kecil, dimana foto-foto tersebut mengutamakan detail yang tinggi dan posisi yang sangar dekat. Mengambil objek yang kecil tanpa menggunakan alat bantu optik seperti mikroskop merupakan karakteristik dari cabang ini. Hewan-hewan  kecil, benda-benda kecil, tetesan air dan tekstur merupakan objek yang umum pada cabang fotografi ini.

Beberapa orang akan berkata bahwa foto makro hanya dapat dihasilkan dengan lensa makro. Hal ini sangatlah tidak benar karena kita dapat membuat foto makro dengan cara :
  1. Kaca pembesar
  2. Lensa Tele (100mm - 300mm)
  3. Extension tube
  4. Reverse ring
  5. Filter close up
  6. Kamera HP
  7. Kamera Poket
  8. Dll
Foto makro merupakan foto yang sangat menarik dan unik, namun tidak banyak orang mengetahui bagaimana cara membuatnya. Selain itu tidak banyak juga yang tau bahwa foto makro dapat dibuat dengan kamera poket, atau kamera HP. Selain membahas beberapa hal yang dapat dipakai untuk membuat foto makro, ada beberapa hal yang penting untuk memahami dalam membuat foto makro. 

1. Depth Of Field (DOF)
DOF atau kedalam ruang tajam dalam foto, merupakan bagian yang sangat penting dari foto makro. Hal ini dikarenakan kedalaman yang berbeda menimbulkan kesan visual yang berbeda. Dalam foto makro ruang tajam akan membantu dalam memfokuskan dan memperjelas objek foto.

2. Fokus
Dalam foto makro fokus memiliki peran sebagai penentu, bagain mana yang menjadi utama dalam foto tersebut. Mode fokus manual atau auto menjadi pilihan dalam memperoleh fokus. Fokus auto sangat baik pada objek-objek diam dan tetap, namun untuk objek-objek yang bergerak mode fokus auto sering kali tertinggal. untuk itu gunakanlah fokus manual dan percayakan foto kamu pada kemampuan indra pelihatmu.
3. Lighting
Pencahayaan merupakan faktor yang sangat menentukan dalam memunculkan detail dan kecerahan dalam sebuah foto makro. Pencahayaan didapat dengan alami atau buatan. Pencahayaan alami didatat dari sumber alami yaitu matahari, bulan, api dll. Sedang pencahayaan buatan didapat dari suber-sumber buatan seperti lampu belajar, blitz, senter dll. Menurut saya cahaya yang terbaik adalah cahaya alami. Karena foto yang dihasilkan lebih natural seperti pada foto berikut.

4. Komposisi
Komposisi merupakan bagian yang menarik, sebenarnya setiap orang memiliki komposisinya sendiri karena komposisi merupakan cara seorang untuk berkomunikasi dalam dunia visual. Terdapat keindahan umum yang disepakati dan dirasakan oleh setiap manusia dan hal inilah yang membentuk teori komposisi. Dengan sering melihat foto-foto yang bagus dan terus mombuat foto makro maka lama kelamaan kemampuan anda dalam mengkomposisikan obyek foto akan semakin baik.

5. Kesabaran dan ketekunan
Kesabaran dan ketekunan merupakan faktor penting dalam fotografi makro, hal ini dikarenakan untuk mendapatkan foto yang baik perlu sabar dalam menentukan fokus, sabar dalam menunggu momen yang tepat dan tekun dalam mencari, karena hewan-hewan kecil sangat sulit untuk ditemukan tanpa kesabaran.

6. Momen dan keberuntungan
Sebenarnya apabila ditarik sebuah persamaan keberuntungan merupakan persamaan dari kerjakeras dan ketekunan. Dalam fotografi makro seorang yang beruntung mendapatkan sebuah momen yang tepat ketika mereka secara tekun mengunjungi sebuah tempat untuk mendapatkan sebuah momen yang tepat. Ketekunan dalam menyediakan waktu untuk mencari foto menimbulkan peluang yang semakin besar untuk mendapatkan foto yang bagus dengan momen yang baik. Disamping tentunya ketepatan kita menekan tombol pelepas rana saat tertentu.

contoh fotografi makro :





*Sumber : www.justfotome.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar